CERAMAH AGAMA TUSOP ACEH



Siapa Sosok Tusop?



Tu Sop adalah anak dari seorang ulama Aceh, yang mulia Tgk H Abdul Wahab Jeunieb (Allahyarham), Pendiri Dayah Babussalam , Gampong Blang Mee, Jeunieb. Dayah tersebut terletak persis di belakang pertokoan Kota Jeunieb. Sekarang Dayah tersebut dipimpin oleh putra sulungnya yang mulia Tgk H M.Hasan (Tu Hasan).

Yang mulia Ibu kandung Tusop (Allahyarham) adalah adalah anak dari yang mulia Tgk H Shaleh (Allahyarham), juga seorang ulama Aceh yang merupakan ayah kandung dari yang mulia Tgk H Abdul Aziz Samalanga (Allahyarham).

Tgk H Abdul Aziz Shaleh yang dikenal dengan Abon Samalanga, adalah pemimpin Dayah Mudi Mesra Samalanga yang saat ini memiliki jumlah santri terbanyak di Aceh, Dayah tersebut sekarang dipimpin oleh menantunya yang mulia Tgk H Hasanoel Bashry H Gadeng (Abu Mudi).

Jadi antara Ibu kandung Tusop dengan Abon Samalanga adalah adik kakak. Jika di lihat dari silsilah, Tusop adalah keturunan ulama dari pihak ayah maupun pihak ibunya.



Apa itu Kitab Minhajul 'Abidin?



Minhajul Abidin (secara harfiah berarti Pedoman Dasar bagi para Ahli Ibadah) adalah kitab tasawuf karangan Imam Al-Ghazali. Kitab ini ditulis menjelang wafatnya Imam Al-Ghazali. Dengan kata lain, ditulis setelah Kitab Ihya Ulumuddin.



Dalam kitab ini Imam Al-Ghazali menggunakan istilah 'aqobah yang artinya jalan mendaki yang sukar ditempuh. Menurut Imam Al-Ghazali ada tujuh 'aqobah yang dapat menghambat kualitas ibadah serta faktor-faktor yang menghambat komunikasi personal seorang hamba dengan Tuhan. Dalam teks indonesia 'abobah diterjemahkan sebagai tanjakan. Namun, ada juga yang menafsirkan kata 'aqobah dalam kitab ini sebagai metode atau juga rintangan. Tujuh tanjakan tersebut harus ditempuh oleh setiap hamba untuk meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah.



Apa sih manfaat belajar / Mendengarkan kitab Minhajul 'Abidin /Tasawwuf?



Terdapat beberapa kegunaan dalam mempelajari ilmu tasawuf. Manfaatnya ialah sebagai berikut.



Seseorang nan mempelajari ilmu kebatinan bisa membersihkan hatinya.

Seseorang akan memiliki sikap nan baik dan berjiwa dermawan.

Hati seseorang akan menjadi tenang dan damai.

Dapat mengetahui alam nan gaib, yaitu alam nan tak dapat diketahui dengan mata telanjang dan hanya mata batin nan dapat melihatnya.

Seseorang akan memilki sifat budi pekerti nan baik dengan sesama.

Demikian informasi nan dapat Anda ketahui tentang ilmu tasawuf. Semoga ilmu ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.



Untuk lebih detail anda bisa kunjungi situs kami di:

www.pusatcomputer.blogspot.com


Share on Google Plus

About pusatcomputer

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment